Program Garis Menggunakan NetBeans (Java) Dan Library OpenGl
OpenGL atau Open Graphics Library merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API (Application Programming Interface) untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D.
Dalam program pembuatan garis ini, OpenGL digunakan untuk menggambar sebuah garis 2D. Berbagai macam garis dapat dibuat tetapi pada program kali ini hanya garis vertikal, horizontal dan diagonal.User dapat menggunakan program ini untuk menggambar garis sesuai dengan yang mereka inginkan.
Beberapa aplikasi yang dibutuhkan dalam perancangan program ini adalah :
1. Java Development Kit (JDK 1.8.0)
Software yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java
2. Java IDE (NetBeans 8.2)
Software yang bebasis bahasa pemrograman Java sebagai media pembuatan program.
3. Libary LWJGL 2.9.1
Library yang berfungsi untuk menghubungkan antara NetBeans dengan OpenGL.
Pada perancangan program ini menggunakan 3 class untuk menggambar garis vertikal, horizontal dan diagonal. Lalu digunakan juga 1 class utama untuk membuat main menu sebagai media pemanggil dari ketiga class tersebut.
Berikut merupakansource code dari ke-empat file class yang digunakan :
main_menu.java

vertikal.java
Horizontal.java
diagonal.java
User Guide
Menu Utama
Tetapi apabila user memilih selain dari 3 pilihan itu maka akan ada pesan dialog seperti berikut Tetapi user langsung diarah ke menu awal lagi.
Apabila pilih cancel maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.
Menu Vertikal
Apabila user memilih menu vertikal maka akan muncul pesan berikut. User diberi informasi mengenai apa itu garis vertikal lalu klik saja “OK”.
Lalu user akan menginput nilai awal dan akhir dari sumbu x dan sumbu y pada kotak input yang telah disediakan seperti gambar berikut klik “OK” untuk melanjutkan membuat garis. Dan “Back” untuk kembali ke menu awal.
Tetapi apabila user tidak menginputkan nilai x awal dan x akhir tidak konstan maka akan muncul pesan sebagai berikut dan user akan diarahkan menginputkan kembali nilai awal dan akhir dari sumbu x dan y.
Tetapi apabila user telah benar menginputkan semua nilai termasuk nilai x awal dan akhirnya konstan maka akan muncul gambar garis sesuai dengan nilai yang telah diinputkan. Garis tersebut akan dirender dan ditampilkan pada jendela OpenGL seperti pada gambar berikut.
Menu Horizontal
Apabila user memilih menu horizontal maka akan muncul pesan berikut. User diberi informasi mengenai apa itu garis horizontal lalu klik saja “OK”.
Lalu user akan menginput nilai awal dan akhir dari sumbu x dan sumbu y pada kotak input yang telah disediakan seperti gambar berikut klik “OK” untuk melanjutkan membuat garis. Dan “Back” untuk kembali ke menu awal.
Tetapi apabila user tidak menginputkan nilai y awal dan y akhir tidak konstan maka akan muncul pesan sebagai berikut dan user akan diarahkan menginputkan kembali nilai awal dan akhir dari sumbu x dan y.
Tetapi apabila user telah benar menginputkan semua nilai termasuk nilai y awal dan akhirnya konstan maka akan muncul gambar garis sesuai dengan nilai yang telah diinputkan. Garis tersebut akan dirender dan ditampilkan pada jendela OpenGL seperti pada gambar berikut.
Menu Diagonal
Apabila user memilih menu diagonal maka akan muncul pesan berikut. User diberi informasi mengenai apa itu garis diagonal lalu klik saja “OK”.
Lalu user akan menginput nilai awal dan akhir dari sumbu x dan sumbu y pada kotak input yang telah disediakan seperti gambar berikut klik “OK” untuk melanjutkan membuat garis. Dan “Back” untuk kembali ke menu awal.
Tetapi apabila user menginputkan nilai x atau y yang konstan maka akan muncul pesan sebagai berikut dan user akan diarahkan menginputkan kembali nilai awal dan akhir dari sumbu x dan y.
Tetapi apabila user telah benar menginputkan semua nilai termasuk nilai x dan y tidak ada yang konstan maka akan muncul gambar garis sesuai dengan nilai yang telah diinputkan. Garis tersebut akan dirender dan ditampilkan pada jendela OpenGL seperti pada gambar berikut.
Setelah run semua program sampai muncul jendela OpenGL maka akan kembali ke menu awal lagi lalu kita bisa milih “Cancel” untuk keluar dari program dan akan muncul pesan berikut.
Komentar
Posting Komentar